Skip to main content

Konsep Menggelar Pernikahan Syari

By November 18, 2020February 23rd, 2021Wedding

Pernikahan syari kini kian banyak diminati oleh anak muda zaman sekarang. Memiliki konsep yang unik, menggelar pesta pernikahan sesuai syari berhasil menarik banyak perhatian. Terlebih lagi, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia menurut data dari The Pew Forum on Religion & Public Life.

Meskipun ada yang kontra tapi nggak ada salahnya kok kalau kamu misalnya mau menggelar pesta pernikahan dengan konsep seperti ini.

Tapi sebelum itu, ada 5 hal yang harus kamu perhatikan jika mau menggelar pernikahan sesuai syari. Yuk simak begaimana detailnya!

1. Akad nikah tanpa pengantin wanita

akad nikah dengan konsep pernikahan syari

Dok. Pribadi

Biasanya nih pada saat akad nikah, mempelai wanita ada di samping mempelai pria, mengucapkan janji setia bersama di hadapan penghulu. Namun, dalam nikah syari ini jelas dilarang.

Pengantin wanita harus berada di ruangan yang berbeda, kehadirannya nggak boleh dijadikan perhatian umum, meskipun oleh suaminya sendiri.

2. Tamu undangan laki-laki dan perempuan harus dipisah

dalam nikah syari tamu undangan pria dan wanita harus terpisah

Dok. Pribadi

Hal ini yang menjadi perbincangan publik, ada yang pro tapi nggak sedikit juga yang kontra, yang kontra ini nih biasanya beranggapan “ribet” kalau resepsi harus dipisah.

“saya cewek yang nikah temen saya cowok, kalo dipisah gini ya saya gak ketemu temen saya dong”

Nggak ada salahnya kok menggelar pernikahan sesuai syari, apalagi ini jelas tujuannya mulia, sah-sah aja.

Dalam hal ini para tamu juga diuntungkan loh, baik wanita atau pun pria, karena nggak berpapasan secara langsung, sama-sama bisa menjaga pandangan.

3. Jumlah kursi yang banyak, agar para tamu bisa duduk saat makan

tamu undangan diharuskan makan sambil duduk dalam nikah syari

Dok. Pribadi

Bagaimana bisa disebut pernikahan syari kalau para tamunya makan dan minum sambil berdiri?

Sesuai dengan ajaran Rasulullah saw, makan dan minum sebaiknya dilakukan sambil duduk.

Jadi dalam konsep pernikahan sesuai syariat islam, kamu harus menyediakan jumlah kursi yang sesuai dengan tamu undangan yang hadir.

Selain sunnah hal ini tentunya memiliki tujuan yang mulia loh, agar para tamu undangan merasa lebih nyaman saat menyantap hidangan atau pun mengobrol dengan tamu undangan lainnya. MasyaAllah!

4. Makeup dan gaun pengantin yang sederhana

Pada umumnya saat pernikahan pengantin wanita akan dirias semaksimal mungkin hingga terlihat pangling. Tapi ini nggak berlaku dalam pernikahan syari.

Justru, dalam konsep pernikahan ini pengantin wanita baiknya dirias sesederhana mungkin, nggak boleh berlebihan, tabarruj namanya.

Pun sama dengan gaun pengantin yang digunakan, harus sederhana dan yang terpenting menutupi bagian dada, yang agak longgaran dan nggak boleh membentuk lekuk tubuh.

Islam mengajarkan para muslimah untuk menjaga pakaiannya agar terhindar dari mata laki-laki yang jelalatan.

5. Tidak ada musik sama sekali

Musik dalam pesta pernikahan seakan menjadi sebuah nadi kehidupan, diibaratkan penyedap rasa dalam sayuran, ngga ada musik, hambar rasanya!

Itu menurut orang pada umumnya.

Tapi dalam pernikahan syari justru musik itu dilarang, nggak boleh! kalau pun ada paling musik-musik instrument yang diperdengarkan dengan volum kecil, tentunya.

Sebenarnya nggak ada musik saat pesta pernikahan itu melegakan loh! Para tamu undangan bisa mengobrol dengan santai.

Itu dia 5 hal yang harus kamu pahami jika ingin menggelar pernikahan sesuai syari.

Meskipun terkesan ribet tapi nggak ada salahnya kok, kalau kamu perhatikan secara detail poin-point yang sudah dijelaskan tadi, konsep pernikahan syari itu ternyata bagus karena memanjakan tamu banget. Iya kan!

Sebagai catatan, kalau kamu berniat mengusung konsep pernikahan sesuai syari kamu juga harus mencari gendung pernikahan yang mendukung konsep tersebut, Menara 165 salah satunya.

Dengan kapasitas ruangan yang besar (max 2500 org) menggelar penikahan dengan konsep syari, tentu bukan hal yang sulit.

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?