www.menara165.com Skip to main content

Persiapan Pernikahan: Cara Menyusun Rencana yang Efektif

By December 22, 2022January 16th, 2023Tips, Wedding
wedding planner

Mempersiapkan pernikahan merupakan tahapan yang sangat penting dalam menyusun rencana pernikahan yang sukses.

Ada banyak sekali hal yang perlu kamu pertimbangkan dan siapkan, mulai dari menentukan tempat pernikahan, menyusun daftar tamu, hingga menyiapkan busana pernikahan dalam persiapan pernikahan.

Salah satu cara efektif untuk persiapan pernikahan adalah dengan menyusun rencana yang terorganisir dengan baik.

Tanggal Pernikahan

#1 Tentukan Tanggal Pernikahan

Untuk memulai, pertama-tama kamu harus tentukan terlebih dahulu tanggal pernikahan yang diinginkan. Pastikan tanggal tersebut tidak bertabrakan dengan acara lain yang sudah ada di jadwal, seperti acara keluarga atau acara lain yang penting. Selain itu, pertimbangkan juga faktor cuaca pada tanggal tersebut, apakah cocok atau tidak untuk dijadikan tanggal pernikahan?

Wedding Venue Menara 165

#2 Tentukan Wedding Venue atau Tempat Pernikahan

Kemudian, pilihlah tempat pernikahan atau wedding venue yang sesuai dengan keinginan dan budget yang tersedia. Ada banyak pilihan tempat pernikahan, bisa di rumah sendiri atau di gedung pernikahan. Pastikan tempat tersebut memiliki kapasitas yang sesuai dengan jumlah tamu yang ingin kamu undang. Jika perlu, pertimbangkan juga fasilitas yang ditawarkan oleh tempat tersebut, seperti catering, dekorasi, hingga musik.

#3 Siapkan Daftar Tamu

Setelah itu, siapkan daftar tamu pernikahan yang akan diundang. Pastikan kamu mencatat nama, alamat, dan nomor telepon dari setiap tamu yang akan diundang, agar mudah untuk mengirim undangan dan mengetahui jumlah tamu yang akan hadir. Pilih juga desain undangan yang sesuai dengan tema pernikahan yang diinginkan.

Busana Pernikahan

#4 Tentukan Busana Pernikahan

Selanjutnya, pilih busana pernikahan yang sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan. Untuk memudahkan proses pencarian, buatlah list vendor yang menyediakan jasa penyewaan busana pernikahan, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan budget yang tersedia saat memilih busana pernikahan.

#5 Siapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Terakhir, pastikan kamu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses pernikahan, seperti surat nikah dan dokumen keluarga. Detail dokumen apa saja yang harus disiapkan kamu bisa cek di sini. Dengan mempersiapkan semua hal di atas dengan baik dan terorganisir, Insya Allah acara resepsi pernikahan akan berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Selain itu, persiapan pernikahan yang terorganisir juga akan membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin terjadi saat merancang pernikahan. Apabila Sibuk, Gunakan Saja Wedding Planner Kalau kamu dan pasangan sama-sama sibuk dan hanya ada sedikit waktu untuk mempersipakan pernikahan, maka lima poin yang dijelaskan sebelumnya akan dirasa sukar dikerjakan, apabila demikian maka solusinya adalah dengan menggunakan jasa wedding planner.

Berbeda dengan wedding organizer,wedding planner adalah orang yang nantinya akan bertanggung jawab untuk membantu kamu dan pasangan dalam merancang dan mengelola semua aspek pernikahan, termasuk menentukan tema, mencari vendor yang sesuai, mengatur acara, dan memastikan bahwa semuanya berjalan lancar pada hari pernikahan.

Jangan lupa untuk meminta bantuan dari orang-orang terdekat kamu untuk ikut membantu menyelesaikan persiapan-persiapan tersebut, agar prosesnya lebih cepat dan mudah. Jika kamu membutuhkan Wedding Planner untuk membantu jalannya resepsi pernikahan kamu Silahkan Hubungi Kontak Kami disini..

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?