Skip to main content

Mau Sewa Gedung Pernikahan? Yuk! Simak Tipsnya

By February 15, 2021February 23rd, 2021Wedding

Sewa gedung pernikahan? “Hmmm” siapa pun yang sedang sibuk menyiapkan pernikahan pasti akan sedikit bergumam ketika ditanyai yang satu ini.

Nyari gedung nikah itu gampang-gampang susah, dapat yang lokasinya strategis fasilitasnya kurang memadai, udah sreg sama lokasi dan fasilitas, budgetnya kurang mendukung, dan lain-lain.

Padahal, yang harus kamu persiapkan itu nggak cuma soal gedung loh! Ada banyaaak.

Nah, biar kamu nggak bingung simak yuk tips sewa gedung pernikahan yang baik dan benar. InsyaAllah bermanfaat. 

“Pertemuan adalah permulaan, tetap bersama adalah perkembangan, bekerjasama adalah keberhasilan”anonym

1. Lokasi Strategis

gedung menara 165

Gedung Menara 165

Point pertama ini harus jadi prioritas kamu dan pasanganmu. Carilah gedung pernikahan yang strategis, yang lokasinya mudah dijangkau oleh para tamu undangan.

Besar kemungkinan para tamu undangan akan datang jika lokasi gedung tempat kamu nikah mudah diakses.

Namun sebaliknya, jika lokasi gedung pernikahanmu susah dijangkau oleh para tamu undangan, nggak menutup kemungkinan mereka batak ke pernikahanmu.

2. Fasilitas Lengkap/ Memadai

pre-function-granada-ballroom

Pre Function Granada

Sewa gedung buat nikah ya ngga cuma gedungnya aja yang kamu perhatikan, hati-hati! Sering banget loh yang terkecoh, suka sama gedungnya tanpa pikir panjang langsung booking, mendekati hari H baru tahu kalau gedung itu nggak ada AC-nya, nggak ada toiletnya, nggak ada ruang riasnya. Kan bahaya!

Kamu harus teliti dan kritis ke si pemilik gedung, tanyakan fasilitas apa saja yang ditawarkan.

3. Kapasitas Gedung

Granada Ballroom

Selain daripada fasilitas dan lokasi yang startegis kamu juga harus mempertimbangkan kapasitas dari gedung tersebut, sesuai nggak dengan jumlah tamu undanganmu.

Sayang kan, jika kamu sewa gedung pernikahan dengan kapasitas 1000 orang, eh tamu undangannya cuma 300 orang.

Pun sebaliknya, tamu undangan kamu ada 1000 orang, eh kapasitas gedungnya cuma bisa menampung 300 orang. Coba kamu diskusikan dulu sama pasanganmu ya!

4. Sesuai Budget

Source: FWD

Sesuaikan harga gedung yang mau kamu sewa dengan anggaran yang kamu miliki. Nggak usah ngoyo! Kalau budget yang kamu miliki nggak sesuai dengan harga sewa gedung pernikahan yang kamu suka ya cari yang lain.

Sangat tidak disarankan kamu meminjam uang untuk biaya resepsi pernikahan! Maka dari itu, menabung lah jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk menikah.

5. Kumpulkan Informasi

Source: shieldcasework

Zaman sudah canggih, kamu nggak perlu survey langsung ke lapangan kalau belum yakin. Dengan modal gawai yang sering kamu pegang, kamu bisa mengumpulkan informasi vendor gedung pernikahan di Jakarta hanya dalam hitungan menit.

Carilah referensi sebanyak-banyaknya, lalu diskusikan dengan pasanganmu.

6. Survey Langsung

Andalucia Hall

Jika informasi yang sudah kamu cari dirasa cukup, alangkah baiknya kamu langsung survey ke lapangan bareng sama pasanganmu.

Cek fasilitas-fasilitas yang ditawarkan sebelumnya, bagaimana bangunan gedungnya, bagaimana kondisi parkirannya, dan lain-lain.

Zaman sekarang kan sudah canggih, bagus di foto belum tentu sama bagusnya kalau dilihat secara langsung.

7. Langsung Booking

menikah di andalucia

Dok. Menara 165

Kalau kamu sudah yakin, booking sesegra mungkin. Ingat! Biaya nikah setiap tahunnya naik 20% menurut Private Wedding Organizer Lina Handayani.

Belum lagi kalau gedung pernikahan yang kamu suka adalah gedung favorit untuk pernikahan, kalau mau sewa harus waiting list, gedung seperti ini semakin lama kamu tunda akan semakin mahal harga sewanya.

Ingin menikah nggak cukup hanya dengan niat, harus kamu imbangi dengan tindakan, nggak bisa asal-asalan, apalagi dadakan.

Maka dari itu, persiapkan lah pernikahanmu sedetail mungkin, momen berharga yang hanya terjadi sekali seumur hidup ini jangan sampai menyisakan penyesalan.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?