www.menara165.com Skip to main content

Cara Menabung untuk Menikah, Simak Yuk!

By March 17, 2021Wedding

Pernikahan adalah bukti keseriusan dari sepasang kekasih dalam menjalin sebuah hubungan. Saking sakral dan berharganya sebuah resepsi pernikahan, nggak sedikit lho yang rela merogoh kocek lebih dalam demi terwujudnya pernikahan impian.

Tapi nggak sedikit juga yang menunda bahkan mengurungkan niat untuk menikah karena masalah biaya. Cinta yang telah lama dipupuk banyak yang beguguran di sini, kamu mau? Pastinya nggak, iya kan. Oleh karenanya nabung yuk dari sekarang!

Buat kamu yang mau menikah dan mau memulai untuk menabung, simak yuk, cara menabung untuk menikah yang baik dan benar.

Baca dulu: Tips Menikah Saat Pandemi

#1 Buka rekening khusus untuk tabungan nikah

Sebaiknya, uang yang ditabungkan untuk menikah disimpan di rekening khusus, jangan digabung dengan rekening pribadi yang biasa kamu pakai sehari-hari. Tujuannya, agar tidak terpakai dengan alasan tidak disengaja.

“Seberapa besar keinginanmu agar segera menikah, lihatlah apa yang kamu lakukan”. – @tausiyahcinta

#2 Sisihkan 15 persen dari gaji atau income bulanan

Source: finoo.id

Dengan menentukan besaran pasti setiap bulannya, kamu akan punya gambaran untuk ke depannya. Nggak harus 15 persen, bisa kurang dari itu atau lebih, sesuaikan saja dengan gaji dan kebutuhanmu setiap bulannya. Contoh nih, gaji bersih yang kamu terima setiap bulannya Rp5.000.000,00, jika kamu sisihkan 15 persen dan kamu tabung selama 4 tahun, berapa banyak yang bakal kamu dapat?

  • 15% x 5.000.000 = 750.000
  • Dalam waktu 4 tahun = 48 x 750.000 = 36.000.000
  • Kalau nabungnya berdua sama pasangan = 2 x 36.000.000 = 72.000.000

Cukup ya, Insya Allah untuk modal nikah.

#3 Kurangi kencan keluar bareng pasangan

Sedih ya, tapi bakal lebih sedih lagi kalau pasangan yang kamu cintai memilih untuk menikah dengan orang lain karena kamu tak kunjung mau menikahi.

Tenang! Point yang satu ini hanya menganjurkan kamu untuk tidak kencan keluar rumah, seperti ke mall, makan di restoran mahal atau nonton bioskop, kebiasan-kebiasaan barusan secara tidak sadar mengharuskan kamu merogoh kocek yang nggak sedikit lho.

Kalau mau kencang di rumah aja dulu, kegiatannya ya bisa masak bareng atau nonton film bareng, sama-sama romantis kok.

#4 Nongkrong bareng teman-teman juga harus dikurangi

Source: treebo

Sama halnya dengan kencan keluar bareng pasanganmu, nongkrong bareng teman-temanmu juga harus dikurangi, karena kan nggak mungkin hanya sekadar nongkrong pasti ada yang harus dibeli, sebulan 1-2 kali mah nggak masalah, asal jangan kebablasan 3 kali dalam seminggu misalnya.

#5 Berhemat dalam kehidupan sehari-hari

Hal sederhananya mulai dari mengurangi jajan, meskipun banyak diskon berdatangan setiap tanggal gajian, coba kamu tahan dulu deh banyak yang nggak sadar uang bulanannya habis sebelum tanggal gajian karena diskon-diskon yang katanya bikin hemat ini, kalau kamu nggak bisa menahan diri rencana menabung untuk menikah bisa sia-sia.

Dan masih banyak cara berhemat dalam kehidupan sehari-hari, tentunya menyesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

#6 Meskipun lagi nabung, jangan lupa untuk berbagi

Nah, point yang terakhir ini sering banget dilupain, saking fokusnya menabung untuk menikah sampai lupa berbagi untuk sesama. Berbagilah, karena ada kebahagiaan di setiap pemberiannya dan ada doa yang ikhlas untuk pemberinya.

Ada banyak insight atau pandangan tentang cara menabung untuk menikah, 6 point yang sudah dijelaskan di atas tentu belum bisa mewakili semuanya. Bedanya pendapatan setiap bulan, kebiasaan dan juga kepribadian pasti menghasilkan cara pandangan yang berbeda.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?