Skip to main content

Doa Pernikahan Islam Untuk Pengantin Baru

By October 7, 2021October 11th, 2021News & Info, Wedding

Jakarta, Menara 165 – Pernikahan merupakan fase kehidupan yang sangat membahagiakan. Tidak hanya untuk kedua mempelai, kebahagiaan pernikahan mengalir untuk keluarga, saudara dan orang-orang di sekitar kita. Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk menyatakan kebahagiaan atas saudara kita yang menikah.

Di Indonesia atau di negara Muslim yang lainnya, pernikahan kerap dirayakan dengan perayaan atau resepsi yang turut mengundang keluarga serta sahabat terdekat.

Bagi yang diundang, wajib kiranya mendatangi undangan tersebut jika memang tidak ada halangan Selain memberikan ucapan selamat atas pernikahan, dianjurkan untuk para undangan memberikan doa bagi kedua mempelai pasangan yang sedang berbahagia.

Doa Pernikahan yang Dianjurkan Dalam Islam

Dikutip dari Website NU Online, berikut ini adalah doa yang sangat dianjurkan kita ucapkan untuk kedua pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan pernikahan:

ٍر َبا َر َك ب ِه َو َج َمَع َبْيَن ُكَما ِف ْي َخْي ن ُكَما ِف ْي َصا ِحِ ك ِّل َوا ِحٍد ِمْ ر. َبا َر َك هللاُ لِ ل َك َو َج َمَع َبْيَن ُكَما ِف ْي َخْي هللاُ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Doa di atas dikutip dari Kitab Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 283 karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi.
Doa ini dianjurkan diucapkan saat kita sedang berjabatan tangan dengan mempelai pria.

Pentingnya Doa Dalam Islam

Dikutip dari website republka.co.id, “Manfaat doa begitu besar dalam kehidupan manusia. Dengan doa, kedamaian dapat diraih, semangat hidup dapat ditingkatkan, dan emosi dapat dikendalikan. Dengan doa, ada harapan yang terbentang. Doa juga menjadi penyejuk pada saat menghadapi musibah. Doa adalah tempat kembalinya manusia setelah seharian melakukan usaha (ikhtiar)”

Demikian doa pernikahan islami untuk pengantin baru, jangan lupa untuk diamalkan ketika kita menghadiri undangan saudara atau sahabat kita yang menikah. Semoga bermanfaat ya!

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?