www.menara165.com Skip to main content

Mengatasi Cemas Jelang Pernikahan

By January 4, 2022July 26th, 2022News & Info
Cemas Jelang Pernikahan

Jakarta, menara165.com – Cemas Jelang Pernikahan?

Menunggu hari pernikahan adalah hal yang paling mendebarkan.

Jauh hari sebelumnya fisik dan pikiran kita sudah dibuat lelah dengan segala persiapannya, mendekati hari H pikiran kita semakin berkecamuk, overthinking! “masakannya enak nggak ya?” “masakannya cukup nggak ya?”. Nggak sedikit calon pengantin yang mengalami kecemasan dan kekhawatiran menjelang pernikahan.

Tenang! Capek mengurus segala persiapan pernikahan merupakan hal yang wajar, jika mengalami stres atau cemas ada cara untuk mengatasinya.

 

Baca dulu: Tips Sewa Gedung Pernikahan

 

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah cara mengatasi cemas jelang pernikahan :

Cemas Jelang Pernikahan 1

Berrdamai dengan diri sendiri

#1 Berdamai Diri

Sebetulnya, rasa cemas dan khawatir yang berlebihan menjelang hari pernikahan merupakan hal yang wajar. Merencanakan dan mempersiapkan hari bahagia yang telah lama dinanti tentunya akan menguras fisik dan pikiran. Stres! Hal pertama yang harus kita lakukan adalah berdamai dengan diri, memaklumi bahwa proses ini pasti bisa dilewati.

Memaklumi bukan berarti membiarkan, rasa cemas dan khawatir bisa kita kontrol dengan tidak terlalu keras pada diri sendiri. Jika lelah ada keluarga yang bisa kita jadikan sandaran dan ada calon pasangan yang bisa kita bagi pikiran.

#2 Hadirkan Jeda

Mendadak! Adalah bagian dari awal mulanya rasa cemas datang. Mempersiapkan pernikahan yang terlalu cepat menguji adrenalin serta mendatangkan stres. Beri jeda untuk mempersiapkan semuanya. Atur jarak waktu dari lamaran atau tunangan menuju pernikahan, tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh. Sesuai dengan kesiapan kita.

Cemas Jelang Pernikahan 2

sesuaikan budget

#3 Sesuai Budget

Seringkali yang membuat kita stres dan cemas berlebihan adalah saat keinginan tidak sesuai dengan kemampuan. Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang megah dan mewah. Namun, kita harus menyadari bahwa resepsi pernikahan adalah awal dimulainya kehidupan baru, ketimbang kita memaksa kehendak di luar daripada biaya yang ada, lebih baik kita menyelenggarakan pesta pernikahan yang sesuai dengan budget namun tetap berkesan.

Cemas Jelang Pernikahan 3

luangkan waktu sendiri

#4 Luangkan Waktu untuk Menyendiri

Dirasa lelah setelah mempersiapkan semuanya, yuk luangkan sedikit waktu untuk menyendiri. Cobalah bangun di sepertiga malam, tunaikan sholat tahajud dan sampaikan semua keluh kesah kepada Tuhan.

Cemas Jelang Pernikahan 4

konsumsi makanan sehat

#5 Konsumsi Makanan Sehat

Mempersiapkan resepsi pernikahan bisa merusak pola makan lho, jam makan jadi nggak teratur dan asupan makannya nggak kita perhatikan juga, apa saja bisa masuk yang penting kenyang. Nah, tanpa dirasa apa yang kita makan juga bisa membuat kita stres, kita jadi mudah capek.

Maka dari itu, sesibuk apapun kita dalam mempersiapkan pesta pernikahan tetaplah untuk mengonsumsi makanan sehat. Sebab, makanan sehat kaya akan gizi dapat membantu mengurangi stres serta menjaga pikiran serta perasaan positif dalam diri.

Stres dalam mempersiapkan pesta pernikahan adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh setiap calon pengantin. Namun,

Jangan sampai rasa stres itu merusak momen bahagia yang hanya datang sekali dalam seumur hidup.

Baca Selengkapnya : Rekomendasi Catering Jakarta untuk Pernikahanmu

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?